Penentuan Kepadatan Lamun {Short et al (2004)}

Penelitian tentang kepadatan padang lamun (seagrass) dapat dilakukan dengan menggunakan metode dari Short et al (2004). Pengamatan dilakukan pada saat surut dengan site yang dibentangkan secara horizontal sejajar dengan garis pantai yang diawali dari daerah pertama munculnya seagrass sampai daerah paling dekat dengan tubir karang dimana daerah itu dibagi menjadi tiga stasiun yaitu : shallow (titik pertama pengambilan data dimana site shallow diambil 2 meter dari ditemukannya padang lamun pertama kali), Middle titik tengah antara daerah pertama munculnya padang lamun dan tubir dan deep yang berada di dekat tubir pantai. Pengamatan sampel pada masing – masing titik dilakukan dengan menggunakan kuadrat site berukuran 50 x 50 m. Titik sampel ditentukan sesuai dengan metode dari Short et al (2004).

Model Transek

Data yang didapat dari site maupun kuadrat dicatat seperti pada lampiran 6. Pada tiap titik sampel diamati dan diukur faktor-faktor yang telah ditentukan seperti :

Persen penutupan

Persen penutupan diamati dengan menggunakan kuadrat dan nilai persen penutupan ditentukan dengan menggunakan panduan Short et al (2004).

Seagrass Percent Cover

Identifikasi jenis

Identifikasi jenis yang ada ditentukan dengan menggunakan panduan dari Short et al (2004).

Seagrass Species Code

Jumlah individu

Individu dihitung pada masing – masing kuadrat. Jumlah individu yang dihitung hanya individu yang dominan pada masing kuadrat.

Kanopi

Kanopi diukur dengan mengukur tinggi spesies yang dominan, yang hanya diambil 3 spesies secara acak.

Posisi pengambilan sampel

Posisi pengambilan sampel dicatat koordinatnya dengan GPS (merk Etrex, tingkat akurasi 5 meter) pada ketiga stasiun yaitu shallow, middle dan  deep. Masing-masing stasiun diambil tiga titik yaitu pada meter ke 1 meter, 25 meter,  dan 50 meter.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s