Selamatkan Pohon, Maka Hidup Anda Akan Terselamatkan

Posted: 6 Agustus 2010 in Filosofi

Mengapa kita harus percaya dengan kata – kata diatas? Tumbuhan atau dalam bahasa awam kita sering sebut dengan pohon memiliki banya peranan bagi kehidupan manusia dan hewan. Banyak hal yang membuat kita bergantung kepada pohon.

  1. Kebutuhan akan makanan : Sumber energi manusia berasal dari makanan. Di Indonesia, makanan pokok kita adalah nasi yang berasal dari padi. Kebutuhan tubuh akan vitamin, protein dan zat lain yang dibutuhkan oleh tubuh kita dapatkan dari tumbuhan atau pohon. Memang ada beberapa zat yang harus kita dapatkan dari hewan. Tapi kita tahu bahwa di bumi semua memiliki ketergantungan terhadapa pohon. Dalam teori rantai makanan maka kita akan mengerti mengapa pohon memiliki peranan penting.
  2. Kebutuhan akan Udara Bersih : Tak dapat dipungkiri paru-paru kita selalu membutuhkan udara segar. Seperti apa udara segar tersebut ? udara segar adalah udara yang memilki banyak kandungan oksigen. dan dimana kita mendapatkan oksigen tersebut ? Oksgen adalah salah satu senyawa kimia yang dibutuhkan oleh tubuh. Kebutuhan manusia akan oksigen cukup besar yaitu sekita 1,8 – 2,4 gram permenitnya. Oksigen dapat dihasilkan oleh tumbuhan melalui proses fotosintesi. Proses pembentukan oksigen oleh tumbuhan terbilang cukup unik karena melibatkan gas Karbon dioksida yang merupkan racun bagi tubuh manusia. Dari sini kita dapat mengetahui bahwa tumbuhan atau pohon sangat membantu kta dalam mendapatkan udara bersih.
  3. Kebutuhan manusia akan air : Air merupakan unsur terbanyak penyusun tubuh manusia. Sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari air. Otak dan darah adalah dua organ penting yang memiliki kadar air di atas 80%. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air 95%. Sedikitnya, secara normal kita butuh 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Apa hubungan antara tumbuhan atau pohon dengan air ? Pophon merupakan penyedia air tanah. Akar – akar pohon mampu mengikat air dan mempertahankannya dalam waktu yang lama. Kalau kita cermati dengan seksama pada saat turun hujan, daerah yang jarang pepohonannya maka akan terjadi banjir dan air akan langsung menuju laut. Ketika air sudah sampai di laut, apa yang dapat kita lakukan untuk meanfaatkannya? sedangkan daerah hutan atau daerah yang banyak terdapat pepohonan, air tidak mengalir tetapi meresap kedalam tanah. hal ini dikarenankan akar – akar pohon mengikat air tersebut. Analogi yang lain adalah jika kita membuat sumur, maka kita akan lebih mudah mendapatkan air tanah didaerah yang subur dengan banyak pepohonan disekitarnya daripada didaerah tandus / kering.
  4. Kebutuhan akan keselamatan akan perubahan alam : Pohon merupakan sarana yang sangat baik untuk menanggapi fenomena alam. Banjir, tanah longsor, kekeringan dan tsunami dapat diminimalisir dampaknya dengan keberadaan pohon.

Mungkin ini hanya sebagian kecil manfaat tumbuhan atau pohon bagi kita. Masih banyak manfaat pohon untuk kita yang tidak akan habis kita bahas. Jadi, apakah kita harus mempercayai slogan diatas atau tidak? Buka pikiran anda dan anda akan menemukan jawabannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s